Pagi ini di depan kolam koi yang tenang

Kepribadian, kalo menurut Allport sih : organisasi dinamis dari sistem psikofisik individu, yg menentukan karakteristik perilaku dan pikirannya. Ya. Organisasi yg dinamis.. jadi kepribadian itu sesuatu yg terorganisasi dan terpola. Organisasi ini bisa berubah dan berkembang seiring waktu (dinamis).
definisi kepribadian dari Allport ini cukup jelas dan unik menurutku sih. Dia menggabungkan teori psikoanalisa classic, animal-driven, dan ada sentuhan humanistik. Hanya sedikit psikolog yg mendefinisikannya secara komprehensif.

Dibanding pakar teori lainnya Allport tergolong ‘beda’. Ia lebih menekankan pada keunikan individu. Gue sih setuju aja. Mendeskripsikan kepribadian seseorang dalam bentuk sifat umum, sama aja kyk mengkotak kotakkan manusia. seperti merampas keunikan individu mereka.. gitu.
Kepribadian menurut jari tangan, menurut warna favorite, makanan kesukaan, posisis tidur… itu cuma sekedar tools kawan 😉

intinya gue lagi naksir sama si Al (lport) ini hehehe selamat pagi 🙂

Advertisements

Analisis Film SLUMDOG MILLIONAIRE Menggunakan TEORI SOSIAL KOGNITIF BANDURA

slumdog-millionaire-0060

Dalam film Slumdog Millionaire (SM)  besutan sutradara Danny Boyle menceritakan kisah perjalanan hidup kakak beradik Salim dan Jamal dalam meregulasi diri.

Baik Salim, sang kakak, maupun Jamal memiliki kepribadian yang berbeda. Khususnya dalam mencapai tujuan hidup. Mereka bersahabat dengan seorang gadis bernama Latika. Persamaan Latika dengan mereka adalah, ia juga kehilangan orang tuanya saat terjadi kerusuhan ekstrimis agamis Islam-Hindu di India. Namun mereka bertiga akhirnya berpisah sebelum akhirnya bertemu kembali. Intrik kisah perjuangan pencarian Latika oleh Jamal dan Salim menjadi salah satu bahan kajian dalam analisis ini.

P ( Jamal )

  • Cerdas
  • Gigih
  • Sopan
  • Pemberani
  • Positive Thinking

E

  • Salim yang otoriter
  • Salim yang keras kepala
  • Lingkungan yang keras
  • Perilaku kasar
  • Gaya mendidik yang tidak baik

B

  • Tidak mudah putus asa dalam mencari Latika
  • Dapat mengingat detail perjalanan hidupnya
  • Mengambil hikmah dari setiap kejadian
  • Berani mengambil resiko
  • Berani menerima tantangan mengikuti kuis WtbM

061410_f1

Jamal adalah adik Salim. Ia sangat menghormati Salim layaknya seorang adik yang menghormati sang kakak. Sejak kecil sikap Salim yang kadang semena – mena terhadap Jamal, namun Jamal masih belum memahami apa yang sesungguhnya harus ia lakukan. Perilaku Salim memang tidak pernah kasar pada Jamal namun ia sering mengancam. Tanpa disadari sesungguhnya Jamal telah me-modelling perilaku Salim. Yaitu tidak mudah menyerah atau regulasi diri yang baik. Terutama dalam usaha untuk beertahan hidup

Proses moral agency juga terdapat dalam film ini. Demi bertahan hidup, kaka beradik Salim dan Jamal melakukan berbagai usaha. Misalnya dengan mencuri, kemudian menjual kembali barang curiannya. Mereka menjual sandal sepatu turis di Taj Mahal kemudian menjualnya di pasar dengan menyebutkan bahwa benda2 tersebut berasal import dari luar negri. Justifikasi.

Menjelang dewasa Jamal mulai memahami apa yang menjadi keinginan yang sebenarnya. Ia menginginkan cinta Latika. Jamal berjuang, melakukan regulasi diri reaktif dan proaktif. Pertama tama ia berkerja dengan gigih hingga sempat terpisah dari sang kakak. Kemudian terdapat Fortoitous Event dimana ia bertemu dangan banyak orang pintar dan berwawasan luas  yang memberinya peluang untuk melacak jejak Salim. Jamal beruntung ia bekerja di salah satu Layanan Telpon Selular XL. Reaktif. Akhirnya ia bisa menemukan Salim. Kemudian ia melakukan proaktif dengan mencari Latika.

Jamal tinggal dan dibesarkan di lingkungan kumuh India ( E ) oleh karna itu, gaya hidup dan cara bergaul yang sedikit ‘kasar’ lambat laun mendidik Jamal untuk menjadi seorang Pemberani (P) agar bisa bertahan hidup. Sifatnya yang tangguh dan berani membuat Jamal mampu terjun dalam situasi apapun, menjalani hidup dengan berbagai macam pekerjaan yang penuh resiko seperti mencopet,tinggal sebagai penumpang gelap di kereta, dan mampu untuk berani menerima bersaing  ( dalam kuis WtbM ). Sifatnya yang Gigih juga menghantarkan Jamal hingga bisa menemukan Latika.

Demikian beberapa adegan dalam film yang telah saya coba untuk dianalisis, tentang kisah dua orang kakak beradik Jamal dan Salim dalam memcapai tujuan hidupnya masing – masing. Salim bertujuan untuk mencari kekayaan, sementara Jamal bertujuan untuk mencari cintanya, Latika. Namun pada akhirnya, kerna kebaranian serta keyakinan  kuat ( regulasi diri yang baik ) Jamal malah meraup kedua-duanya. Kekayaan dan Cinta.

***

Sekian analisis yang saya buat, komentar dan saran yang mendukung akan sangat membantu

Zenny Qodariyah ( 1602011068 / TB. 11278291 )

 

Assalamualaikum, nin hao Beijing !!

Kadang tidak perlu wejangan panjang atau caramah berjam-jam untuk mengingatkan kita pada jalan kebenaran. Mungkin bisa lewat cara yang sederhana. Film misalnya…

Luka karena cinta memang susah untuk diobati. Mencoba menghapus segala kenangan yang ada dengan menjauhkan diri dari sumber objek masalah itu sendiri. Sangat sakit hati yang terlukai ketimbang sakit fisik luka karna terjatuh dari sepeda. Atau terlukai oleh pisau. Untuk ikhlas pun butuh effort yang lebih. Intinya tidak ada yang mudah jika sudah menyangkut masalah hati. Segalannya seolah terasa rumit.

Atas nama cinta setiap persoalan tidaklah diselesaikan dengan gampangnya. Asmara (Revalina S Temat) memutuskan membatalkan rencana pernikahan itu kepada calon suaminya Dewa (Ibnu Jamil) yang berselingkuh dengan Anita (Cynthia Ramlan) teman sekerjanya yang membuatnya hamil. Dengan perasaan “sakit” Asma justru menuntut agar Dewa bertanggungjawab atas perbuatannya itu. Asma memilih melupakan Dewa dan menghapus jejaknya yang sudah terjalin cukup lama.

Dewa (Ibnu Jamil) yang membuat pengakuan menyakitkan bagi Asmara (Revalina S Temat) yang membuat Asmara pada akhirnnya memutuskan membatalkan rencana pernikahan mereka yang sudah tinggal menggu hitungan jam!  Dan akhirnya kesempatan itu datang ketika Asma ditugaskan kantornya untuk ditempatkan di Beijing. Di negeri yang baru itu, segala kesulitan cukup terbantu dengan keberadaan sahabatnya Sekar (Laudya Cynthia Bella) dan Ridwan (Deddy Mahendra Desta) suaminya yang sudah terlebih dahulu bermukim di Beijing.

Cerita pun mengalir dan cukup bisa ditebak. Asma secara tidak sengaja bertemu dengan pemuda yang bernama Zhong Wen (Morgan Oey). Pertemuan itu berlanjut karena Zong Wen ternyata adalah seorang pemandu wisata bagi Asma yang disewa kantornya. Pertemuan itu membekas pada keduanya, namun sayang ada perbedaan pada keduanya terutama soal keyakinan. Zhong Wen adalah seorang Atheis, walaupun percaya adanya Tuhan.

Dalam ilmu psikologi, Elisabeth Kubler-Ross (1969) membagi perilaku dan proses berpikir seseorang dalam menghadapi perpisahan menjadi 5 fase, yakni : Penolakan dan isolasi (denial and isolation) Kemarahan (anger) Tawar-menawar (bargaining) Depresi (depression) Penerimaan (acceptance). Dan fase-fase tersebut tidaklah mudah untuk dilalui. Maka diperlukan control diri dam pemahaman yang kuat mengenai hakikat perpisahan tersebut. Salah satu pegangan yang kuat bagi seseorang untuk menghadapi dan memahami perpisahan adalah melalui Aqidah dan Iman yang kuat. Agama. Islam.

Alur cerita boleh saja classic, mudah ditebak. Tapi toh kenyataannya saya menangis juga dari pertengahan film hingga akhir. Sesengukan lagi, hidung meler meler. Memalukan hahaha (emang kapan sih yg namanya Zenny ga nangis nonton film romance… tampilan boleh jutek, tapi hati mellow kitty bgt 😛

Setiap dialog yang yang dilafalkan pada pemeran mengandung arti yang mendalam.

1601576_1009043559110187_696231687652280106_n

1601578_1009043469110196_1584833736211793321_n

Saya memang penggemar karya mbak Asma sejak SD. Berawal dari serial Aisyah Putri yang saya temukan di lemari tante saya hehehe akhirnya keterusan mbaca dan jadi ngefans. Ketika kelas 3 SMP saya mulai jarang membaca dan mengikuti karya mbak Asma. Yaaa karna saya nyantri otomatis pemasok buku yaitu tante juga tidak ada lagi. Tapi saya masih ingat betul ciri khas dari gaya penulisan Asma. Lembut, ceria, santai, tapi juga penuh makna. Makanya saya antusias ketika tau bahwa salah satu novelnya : Assalamualaikum Beijing akan diangkat ke layar lebar. Yippiee wajib nonton nih!

Apalagi didukung oleh pemeran kawakan yang sudah diakui kredibilitasnnya di dunia seni peran. Saya sangat senang Revalina mendapat peran sebagai Asmara. Begitu juga Laudya yang cantik dan lucu sangat mumpuni untuk membawakan karakter Sekar. Kedua wanita cantik idola saya ini nampak anggun dengan kerudung. Subhanallah.. semoga istiqomah yaa mbak Reva & ka Audya berjilbab, tambah ngefans deh hohoho..

Saya juga sangat suka dengan gaya fashion di film ini. Two thums buat tim Wardropenya. Make up by Wardah plus Jilbab by Zoya, perbaduan yang lembut, dan casual. Kebetulan saya penyuka busana musim dingin. Dan di film ini pas sekali menampilkan view dan setting musim dingin. Ingin rasanya pergi ke Beijing !

Sekedar sharing, bukan mudah bagi saya untuk bisa nonton film AB ini. Ya, saya juga menerima beberapa cibiran dari kawan dan saudara. Karna dinilai cupu atau ngga bgt.

“Kenapa harus film indon sih ? ga ada yang lain apa ?”

“Aduh, bosen deh nonton film Indonesia, pasti gue ngantuk”

“Ooo pliss.. kalo film indon mah gausah jauh2 ke bioskop keless, ntar juga tayang di tipi”

Ouch shut up you guys. Terus saja dewakan itu film- film produksi Hollywood, maka impian kemajuan perfilman di Indonesia, di negri sendiri hanya akan jadi angan belaka. Karna tidak ada dukungan, tidak ada penghargaan. Penghargaan disini ialah penghargaan dari penonton lokal, bukan hanya ajang Award semata.

Hmm… Cuma bisa mengelus dada.

Mungkin agak terlambat bagi saya menulis review singkat dari film ini, karna kabarnya film sudah akan berganti tayang di bioskop mulai rabu atau kamis minggu ini. Waaaaah… saya harus beli kaset DVD nya supaya bisa sering nonton di rumah bersama keluarga 😀

Semoga film ini bisa jadi warisan tak memudar bagi anak cucu kita… Semangat mendukung gerak dakwah film dalam negri ! Hwaiting 😉

Asmara & Zhong Wen

Asmara & Zhong Wen

Mas Ridwan, Sekar, dan Asmara

Mas Ridwan, Sekar, dan Asmara

Zhēn piàoliang, Asmara

Zhēn piàoliang, Asmara

10885029_1009043272443549_881235068074060001_n About AB :

Jenis Film : Drama, Religi
Produser : Yoen K, Ody Mulya
Produksi : Maxima Pictures
Sutradara : Guntur Soeharjanto

6 Bad Study Habits by Zennyjens

Study

Study

Have you’all read or hear these lot of platitudes before ?  When it comes to stu-dying :

“Make studying a priority. Review your notes early and often”

“Read all the textbook chapters and do your homework.”

“Practice makes perfect. So practice as much as you can.”

Bahkan, yang lebih ekstrem…

“Belajar.. kasian orang tua yang udah banting tulang cari duit sekolah kamu!”

First off, all the students who have ever been in a classroom just collectively rolled their eyes. Second, most of this stuff we hear, though well intentioned (maybe), is just plain wrong. A lot of bad study habits are spread in the guise of helpful advice.

Sure, udah banyak bgt nasehat serta berentetan kata motivasi supaya kamu belajar ! But see ? Apakah semua efektif ?

Nooo !! survey membuktikan bahwa kata kata motivasi yang biasa kamu tempel di dinding kamar kamu pun ga 100% berhasil… paling yaah 30-40 %. Selebihnya ? Pajangan.

Hayoo ?? ngaku ga ? Continue reading

PAIN. Luka yang Sama Memiliki Dampak Berbeda

Hanya sebuah ringkasan catatan perkuliahan…

Content by 4 alphabets,

An unpleasant sensory and emotional experience associated with actual or potential tissue damage or described in terms of such damage.

(The International Association for the Study of Pain)

Eponine

Eponine

Siapa sih di dunia ini yang belum pernah merasakan nyeri ? Nyeri apa saja.

Ketika gigimu sakit ? kemudian hendak dicabut ke dentist

Atau nyeri hati ? *ups.

Nyeri dapat berupa apapun penyebabnya.

Yang jelas nyeri murupakan persaan yang tidak nyaman atau tidak menyenangkan disebabkan oleh suatu hal. Nyeri adalah perasaan yang dipicu di nervous system. Rasanya bisa berbeda-beda tergantung individu yang mempersepsikannya. Bisa terasa sangat tajam, atau tumpul (tidak terlalu terasa sakit).

Nyeri bisa terasa dibagian bagian tubuh tertentu. Untuk sakit gigi yaa di gigi. Untuk nyeri karna tersandung yaa bisa terjadi pada bagian otot, tulang, atau syaraf. Kemudian nyeri hati ? Sakitnya tuh disini~  hehhehe Continue reading

5 Alasan Kenapa Pacaran sama Anak Psikologi Ga ENAK !

This’s too hurt for me posting this bacot-article. Fyuuh

Iyalah. As a psychology student im not agree at all. Tapi ga apa apa sih… toh ada benernya jugaaak

th_114_

hahhahaha

Katanya sih katanyaaa

Di dunia perkuliahan ada beberapa fakultas yang memang isinya kebanyakan cewek. Kayak misalnya kedokteran, ilmu keperawatan atau psikologi. Dari banyaknya fakultas itu, menurut MBDC (Malesbanget.com) yang paling susah sih pacaran sama anak psikologi. Beneran deh. Kalo gak percaya nih dia beberapa alasannya. Pertimbangkan baik baik pilihanmu!

Kepekaannya Tinggi

Anak Psikologi setiap harinya belajar tentang perilaku dan dan fungsi mental manusia. Jadi, kalo kamu mulai aneh-aneh dikit, ya siap siap aja deh dicurigain. Anak psikologi bisa mendeteksi tingkah aneh kamu dan memprediksi apa yang bakal kamu lakukan terhadapnya. So pasti gak nyaman dong kalo diginiin tiap hari.

“They do know”

Suka Pake Jargon

Selain itu, anak psikologi gak bisa sembarangan ngelabelin orang. Misalnya nih, kamu bilangin seseorang gila, atau autis, atau paranoid alias parno! Nah anak psikologi akan membantah kamu dan lalu mengeluarkan teori tentang orang yang sakit kejiwaan dan kemudian bersabda “Dia bukan gila, tapi schizofrenia” atau “kamu jangan sembarangan yaa ngatain dia autis. Autis ga kyk gitu!”

Interogasinya Dalem Banget

Kamu sedang punya masalah. Kamu butuh dihibur. Kamu ngadu ke pacar kamu yang anak psikologi. Bukannya dibikin ketawa, kamu malah ditanya macem-macem. Udah kayak lagi ditanya sama polisi.

Ya emang wajar aja begitu, soalnya psikolog kan emang tugasnya begitu, mencari akar masalah dari sifat orang yang gak normal. Jadi kalo anaknya males ditanyain ini itu, mendingan lupain keinginan pacaran sama anak psikologi.

Capek Kalo Diminta Bantuin Nugas

Kuliah psikologi itu berat. Bukunya juga berat-berat. Bahasa Inggris semua lagi. Kalo kamu pengen jadi cowok yang disayang ama dia, kamu harus bisa bantuin dia nerjemahin Text Booknya yang ribet itu. Selain itu, kamu juga harus mau nenteng buku-buku berat dia.

Subjek Gratisan Kalo Beli Alat Tes Baru

Anak psikologi selalu dibekali dengan alat tes. Bukan gak mungkin kamu jadi kelinci percobaannya.

Kalo dia yang jadi kelinci, gak apa sih hahahha

Atau kalo di fakultas Psikologi kampus gue.. sebagai bahan praktikum. Khususnya matakuliah Psikodiagnostik yang membutuhkan testee.

Pikirin lagi deh baik-baik. Jangan sampe kamu nyesel. Semua belum terlambat. Ya kalo kamu bisa tolerir poin-poin di atas gak apa juga sih. Setidaknya udah dikasih tahu ya. Hahahahha Intinya tergantung perspektif masing – masing individu sih… selera orang kan beda beda. Dan lagi, ga semua mahasiswi psikologi kyk begono. Contohnya akuuuuh yang akan selalu mengerti kamuuh dan menerima kamuuh apa adanyaa :* /abaikan/

Satu lagi anekdot picture dibawah ini, hahahah cuma anak psikologi yang paham deh !

10547532_957001970981013_1588605088880095039_n

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :
Malesbanget.com via http://www.psychologymania.com

Kontrol Emosimu ketika si Bulan datang :)

Assalamualaikum akhwatiy rahimakumullah 🙂

Kembali lagi dengan gue yang ingin berbagi tips sederhana tapi insyAllah bermanfaat. Cekidot

Problemnya, ga bisa dipungkiri lagi bahwa kadang, dalam siklus menstruasinya/ haid/ datang bulan / kedatangan tamu bulanan, cewe2 mengalami periode mood amburadul. Emotional spin yang bisa bikin kalimat ‘senggol bacok’ bisa keluar dengan tandasnya.

Yang belum banyak diketahui adalah bahwa gangguan mood bisa terjadi pada siapa saja. Cowo pun bisa… tua, muda, bahkan anak2 pun bisa mengalami yang namanya ‘mood disorder’ ini. Namun, dari ilmu psikologi yang gue pelajari, prevalensi wanita duakali lipat lebih tinggi dibanding pria. Why ?

Mood sebenarnya adalah kondisi emosi tertentu. Sedangkan yang dimaksud dengan emosi dalam bahasa Indonesia ialah ‘perasaan’,
misalnya senang, sedih, takut, cemas, dan haru. Kondisi emosi (mood) ini dapat mengalami gangguan, namun hal tersebut tidak sama dengan yang dimaksud oleh bahasa umum ‘bad mood’. Ungkapan ‘bad mood’  biasanya kita gunakan untuk menggambarkan suasana perasaan yang sedang ‘tidak enak’ atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas. Sedangkan yang dimaksud dengan ‘gangguan mood’ adalah gangguan pada emosi, dimana emosi seseorang dapat berada dalam kondisi kesedihan yang sangat ekstrim atau disebut juga kondisi depresif atau bisa juga emosinya berada pada kondisi senang/bersemangat yang ekstrim dan mudah terstimulus yang disebut dengan kondisi mania. Gangguan Mood merupakan salah satu gangguan kesehatan mental.
Pria dan wanita, tua dan muda. Prevalensi (kecenderungan) wanita yang mengalami gangguan mood dua kali lebih besar dari pria. Hal ini dikarenakan hormon wanita yang sering mengalami ketidakstabilan saat menstruasi, hamil, dan melahirkan. Juga secara sosial, wanita menjalankan banyak peran dalam hidupnya, sebagai istri, ibu, anak, karyawan, dan lainnya. Tuntutan dari peran yang berbagai macam tersebut menambah jumlah stimulus stres pada wanita.

Wanita yang mengalami sakit hebat saat menstruasi itu melebihi gejala umum sangat mungkin terkena premenstrual dysphoric disorder (PMDD). Wanita yang menderita PMDD juga memiliki gejala-gejala sama layaknya PMS, seperti sakit kepala, nyeri sendi dan otot, tubuh dan payudara membengkak. Gejala-gejala yang secara umum terjadi, akan menghilang saat berlangsungnya menstruasi.

Apa yang dapat Ukhtiy lakukan?

Untuk mengurangi beberapa kondisi yang tidak nyaman menjelang PMS, coba lakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Buatlah semacam diary atau jurnal yang mencatat kapan gejala-gejala itu muncul. Dengan demikian, Ukhtiy mempunyai patokan waktu yang tepat untuk mengatasinya.
  2. Agar sehat, makanlah sedikit tetapi sering. Jika Ukhtiy menderita konstipasi, konsumsilah bahan makanan yang mengandung banyak serat.
  3. Saat sedang minum obat diuretik, biasanya Ukhtiy akan lebih sering buang air kecil yang memungkinkan mineral penting ikut terbuang. Karena itu, tambah makanan yang mengandung potassium (buah, makanan laut, kacang-kacangan), juga makanan, minuman ekstra atau suplemen yang mengandung vitamin B dan C. Minum jamu jamuan juga oke kok, selama aman, dan kamu ga ga masalah sama rasa/ baunya 🙂
  4. Untuk mengurangi terjadinya penumpukan cairan, sebisa mungkin kurangi garam dalam makanan Ukhtiy. Garam bisa menyerap air dan hal ini dapat meningkatkan pembengkakan.
  5. Perbanyak waktu istirahat untuk menghindari kelelahan. Selain itu cobalah menghindari situasi yang bisa membuat Ukhtiy stres.
  6. Coba bicarakan perasaan Ukhtiy kepada sahabat yang dapat dipercaya dan dapat mendengarkan keluhan Ukhtiy. Pastikan pula keluarga tahu mengenai kondisi Ukhtiy.
  7. Cobalah minum beberapa ramuan tumbuhan tertentu yang telah terbukti membantu meningkatkan kesehatan wanita, misalnya kunyit asam, dan lain-lain.
  8. Jangan malas berolahraga. Tetapkan konsisten bangun diwaktu subuh pada meski tidak ikut sholat berjama’ah. Buka jendela lebar – lebar… biarkan udara sehat nan segar memenuhi rongga paru – paru.
  9. Perbanyak dzikir dan sholawat
  10. Membaca buku dan mempelajari ilmu lebih dalam, manfaatkan waktumu yang sedikit lebih longgar ketika haid.

Alhamdulillah, mudah-mudahan setelah tahu seluk-beluknya kita bisa menyambut ‘tamu’ kita yang satu ini dengan penuh senyum dan kehangatan. Ditunggu ya kabar baiknya mulai bulan depan…

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh 🙂

Sumber bacaan :

http://www.psikologikita.com/?q=psikologi/gangguan-mood , http://majalahpercikaniman.blogspot.com/2012/03/tips-anisa.html , http://muslimah.or.id/kesehatan-muslimah/lebih-dekat-dengan-tamu-bulanan.html