Analisis Film SLUMDOG MILLIONAIRE Menggunakan TEORI SOSIAL KOGNITIF BANDURA

slumdog-millionaire-0060

Dalam film Slumdog Millionaire (SM)  besutan sutradara Danny Boyle menceritakan kisah perjalanan hidup kakak beradik Salim dan Jamal dalam meregulasi diri.

Baik Salim, sang kakak, maupun Jamal memiliki kepribadian yang berbeda. Khususnya dalam mencapai tujuan hidup. Mereka bersahabat dengan seorang gadis bernama Latika. Persamaan Latika dengan mereka adalah, ia juga kehilangan orang tuanya saat terjadi kerusuhan ekstrimis agamis Islam-Hindu di India. Namun mereka bertiga akhirnya berpisah sebelum akhirnya bertemu kembali. Intrik kisah perjuangan pencarian Latika oleh Jamal dan Salim menjadi salah satu bahan kajian dalam analisis ini.

P ( Jamal )

  • Cerdas
  • Gigih
  • Sopan
  • Pemberani
  • Positive Thinking

E

  • Salim yang otoriter
  • Salim yang keras kepala
  • Lingkungan yang keras
  • Perilaku kasar
  • Gaya mendidik yang tidak baik

B

  • Tidak mudah putus asa dalam mencari Latika
  • Dapat mengingat detail perjalanan hidupnya
  • Mengambil hikmah dari setiap kejadian
  • Berani mengambil resiko
  • Berani menerima tantangan mengikuti kuis WtbM

061410_f1

Jamal adalah adik Salim. Ia sangat menghormati Salim layaknya seorang adik yang menghormati sang kakak. Sejak kecil sikap Salim yang kadang semena – mena terhadap Jamal, namun Jamal masih belum memahami apa yang sesungguhnya harus ia lakukan. Perilaku Salim memang tidak pernah kasar pada Jamal namun ia sering mengancam. Tanpa disadari sesungguhnya Jamal telah me-modelling perilaku Salim. Yaitu tidak mudah menyerah atau regulasi diri yang baik. Terutama dalam usaha untuk beertahan hidup

Proses moral agency juga terdapat dalam film ini. Demi bertahan hidup, kaka beradik Salim dan Jamal melakukan berbagai usaha. Misalnya dengan mencuri, kemudian menjual kembali barang curiannya. Mereka menjual sandal sepatu turis di Taj Mahal kemudian menjualnya di pasar dengan menyebutkan bahwa benda2 tersebut berasal import dari luar negri. Justifikasi.

Menjelang dewasa Jamal mulai memahami apa yang menjadi keinginan yang sebenarnya. Ia menginginkan cinta Latika. Jamal berjuang, melakukan regulasi diri reaktif dan proaktif. Pertama tama ia berkerja dengan gigih hingga sempat terpisah dari sang kakak. Kemudian terdapat Fortoitous Event dimana ia bertemu dangan banyak orang pintar dan berwawasan luas  yang memberinya peluang untuk melacak jejak Salim. Jamal beruntung ia bekerja di salah satu Layanan Telpon Selular XL. Reaktif. Akhirnya ia bisa menemukan Salim. Kemudian ia melakukan proaktif dengan mencari Latika.

Jamal tinggal dan dibesarkan di lingkungan kumuh India ( E ) oleh karna itu, gaya hidup dan cara bergaul yang sedikit ‘kasar’ lambat laun mendidik Jamal untuk menjadi seorang Pemberani (P) agar bisa bertahan hidup. Sifatnya yang tangguh dan berani membuat Jamal mampu terjun dalam situasi apapun, menjalani hidup dengan berbagai macam pekerjaan yang penuh resiko seperti mencopet,tinggal sebagai penumpang gelap di kereta, dan mampu untuk berani menerima bersaing  ( dalam kuis WtbM ). Sifatnya yang Gigih juga menghantarkan Jamal hingga bisa menemukan Latika.

Demikian beberapa adegan dalam film yang telah saya coba untuk dianalisis, tentang kisah dua orang kakak beradik Jamal dan Salim dalam memcapai tujuan hidupnya masing – masing. Salim bertujuan untuk mencari kekayaan, sementara Jamal bertujuan untuk mencari cintanya, Latika. Namun pada akhirnya, kerna kebaranian serta keyakinan  kuat ( regulasi diri yang baik ) Jamal malah meraup kedua-duanya. Kekayaan dan Cinta.

***

Sekian analisis yang saya buat, komentar dan saran yang mendukung akan sangat membantu

Zenny Qodariyah ( 1602011068 / TB. 11278291 )

 

virus ‘ACDSI ‘

Asslamualaikum… nice to see you again.

Here iam!! MocMoc Girl emoticon

Sekedar bagi bagi tips nih..

pernah ga sih kamu merasa cape ? cape hati ? lelah pikiran ? perasaan ? ceileee

its okey. kamu hanya penat kok.

percaya deh.

Jika kamu mulai merasa gejala gejala kayak :

1. males ngapa ngapain

2. murung, badmood

3. cenderung menyalahkan diri sendiri

4. dikit dikit mau nangis muluuu

Nah… hati hatii kamu mulai terserang virus ‘ Aku Cape Dengan Semua Ini ‘

Laaah ? emang ada ? onion-emoticons-set-3-76

Ada doong pemirsaaah… itu aku yang bikin mwehehhehehe

Banyak kok penyebabnya. Bisa karna kamu ngerasa kurang puas dengan hari – harimu… kecewa… expectasi yang melenceng jauh.

ga apa apa kok.

Kata ibu dosen saya sih ” Dalam hidup ini…Kamu akan selalu menerima kegagalan… kamu akan sering bertemu dengannya… kamu ga salah… kamu hanya perlu belajar ”

Iya. bener banget.

Jangan pernah putus asa yaa guys. Hal seburuk apapun yang terjadi sama kamu…

Kamu ga salah. Jangan kehilangan harapan dan mimpi mimpi kamu.

Oya.. sampe lupaa. Aku kaan belom ngasih tips nyaa yaak hik hik maap.

Jadi Tipsnya ituuu adalaaah… jreng jreng !

MANDI.

onion-emoticons-set-3-11

iya, emng terdengar sepele siih. Tapi percaya deh. Ini mujarab.

Mandi dan Pijat merupakan self healing tertua sejak jaman kaisar romawi kuno!

Jadi, jangan sekali kali remehkan efek dari mandi yaaa kawan kawan…

Pokoknya begitu kamu ngerasa ada gejala gejala virus ‘ Aku Cape Dengan Semua Ini ‘ kayak eteb beratzz dan pengen nangis. Langsung aja lari ke kamar mandi… langsung guyur kepala kamu dengan kucuran shower atau segayung air dingin onion-emoticons-set-2-51

Kalo perlu… kamu lanjutkan tangismu yang tertahan dan bikin nyesek itu di bawah kucuran air. Emang agak dramatis siih jadinya. Tapi percaya atau tidak, tangismu akan jadi lebih ringan… Ngga akan sesesak ketika kamu nangis di bantal. Atau bahu manusia sekalipun.

Aku pernah mempraktikkan cara ini. Dan hasilnya bener bener bikin nyaman. hahhahah onion-emoticons-set-2-61

itu lah salah satu alesan kenapa aku selalu betah lama lama saat mandi. Aku bisa banyak berpikir…menenangkan diri… bahkan menangis sejadinya.

Thats why. Nanti kalo aku punya rumah. aku bakal design kamar mandi aku dengan sebaik baiknya… Agar nyaman. dan enak dipake refleksi hehehhe amin amin amin

Sekali lagi sods. Jika kamu ingin menangis. Jangan ragu. Segera cari : KAMAR MANDI! onion-emoticons-set-2-1

Tugas Psikologi Kepribadian : ANALISIS TOKOH WILLY WONKA

images (11)

Nama : Zenny Qodariyah A.

Npm    : 1602011068

ANALISIS TOKOH WILLY WONKA

Willy Wonka adalah sesosok pemilik pabrik coklat yang misterius dalam sebuat film Charlie and Chocolate Factory. Sesungguhnya selain Willy Wonka, ada Charlie, Grandpa Joe, Violet, Mike, Veruna, dan lain sebagainya yang juga menarik untuk dianalisa. Namun, kali ini saya akan memfokuskan pada sang tokoh utama yang menjadi sentral kisah yang diangkat dari novel berjudul sama tahun 1964 karya Roald Dahl, yaitu Willy Wonka.

Peran utama yang dibintangi actor terkenal Jhonny Deep ini menggambarkan tentang sosok Willy Wonka seperti dalam novel. Yaitu pemilik pabrik coklat yang sangat kaya, jenius, namun juga misterius. Willy berhasil menciptakan banyak permen coklat yang unik dan sangat terkenal di seluruh penjuru dunia. Salah satu ciptaannya yang terkenal adalah permen ajaib bernama Everlasting Gobstopper yang bisa tidak bisa habis mencair di mulut, tapi tidak juga bisa hilang rasa manisnya.

Sosok Wiily kian terungkap ketika Charlie berhasil memenangkap hadiah dan berkeliling pabrik coklat ‘ajaib’ milik Willy. Perlahan sejarah hidup perjalanan Willy pun terkuak. Bagaimana perilaku posesif sang ayah merubahnya menjadi Willy tadinya anak pendiam menjadi berbeda.

Ayah Willy adalah seorang dentist terkenal sebuat kota tempat Willy dibesarkan. Karenanya, sebagai anak seorang dentist, Willy memiliki aturan makan yang cukup ketat. Di usia yang masih dini pun, Willy sudah memakai kawat gigi, atau lebih dikenal behel untuk jaman sekarang. Membuatnya merasa minder karna pada tahun 60an, kawat gigi masih sangat minim digunakan, bentuknya pun unik dan sedikit merepotkan jika dipakai. Yakni kawat gigi yang memiliki panel pelana panjang dan besar hingga menutupi sebagian kepala menyerupai helm. Sangat berbeda dengan kawat gigi jaman sekarang yang modelnya lebih efisien dan menarik hingga sempat menjadi trend dikalangan muda-mudi di pertengahan tahun 2010. Dapat dibayangkan, penggunaan kawat gigi pada diri Willy kecil tentu cukup berpengaruh terhadap self image nya. Ditambah lagi ayahnya sangat membatasi Willy mengkonsumsi manisan ataupun coklat. Hal itu tentu merupakan beban batin tersendiri bagi Willy kecil. Disaat anak-anak seusianya dapat dengan bebas mengkonsumsi manisan dan coklat.

Willy juga tidak memiliki seorang ibu yang mungkin bisa membantu mengayominya. Perlakuan dari ayahnya yang berlebihan, cenderung membuat Willy merasa tidak memiliki control atas dunia sosialnya. Willy kecil pun mulai menyusun strategi perlawanan atau Counteracting Strategies yakni revolt (pemberontakan) ketika suatu saat ia berhasil mencoba sebuah permen yang rasanya sungguh nikmat menurut Willy kecil.

Akhirnya Willy pun berkelana untuk mencari resep coklat yang hebat. Ia pun berhasil membangun pabrik coklat raksasa yang sangat terkenal di seluruh dunia, yang katanya, merupakan gudang coklat yang tak akan habis dimakan hingga seumur hidup. Namun, dibalik keberhasilannya Willy tetap menyimpan (represif) terhadap hubungannya dengan sang ayah yang kurang harmonis. Hal ini digambarkan pada beberapa adegan film yang menampilkan perubahan mimik wajah Willy setiap mendengar orang lain berkata ‘Ayah’. Terutama Charlie. Willy memang memiliki segalanya, harta benda, kehidupan mewah, pabrik coklat terkenal, kedudukan, dan sebagainya. Tetapi ada yang Willy tidak miliki, yakni Keluarga. Hal inilah yang membuat Willy semakin tertarik pada sosok Charlie. Kedekatan Charlie dengan keluarganya yang membuat Willy tersadar dan akhirnya mau memperbaiki hubungannya dengan sang ayah.

Begitulah beberapa hal terkait teori Skinner analisis prilaku yang telah saya coba gunakan dalam menganalisis tokoh Willy Wonka dalam film berjudul Charlie and the Chocolate Factory.

Sources :

-Feist, Jess, & Feist, G.J. (2010). Teori Kepribadian (buku 2) (edisi 7). Jakarta: Salemba Humanika

-Film Charlie and the Chocolate Factory karya Tim Burton.