Assalamualaikum, nin hao Beijing !!

Kadang tidak perlu wejangan panjang atau caramah berjam-jam untuk mengingatkan kita pada jalan kebenaran. Mungkin bisa lewat cara yang sederhana. Film misalnya…

Luka karena cinta memang susah untuk diobati. Mencoba menghapus segala kenangan yang ada dengan menjauhkan diri dari sumber objek masalah itu sendiri. Sangat sakit hati yang terlukai ketimbang sakit fisik luka karna terjatuh dari sepeda. Atau terlukai oleh pisau. Untuk ikhlas pun butuh effort yang lebih. Intinya tidak ada yang mudah jika sudah menyangkut masalah hati. Segalannya seolah terasa rumit.

Atas nama cinta setiap persoalan tidaklah diselesaikan dengan gampangnya. Asmara (Revalina S Temat) memutuskan membatalkan rencana pernikahan itu kepada calon suaminya Dewa (Ibnu Jamil) yang berselingkuh dengan Anita (Cynthia Ramlan) teman sekerjanya yang membuatnya hamil. Dengan perasaan “sakit” Asma justru menuntut agar Dewa bertanggungjawab atas perbuatannya itu. Asma memilih melupakan Dewa dan menghapus jejaknya yang sudah terjalin cukup lama.

Dewa (Ibnu Jamil) yang membuat pengakuan menyakitkan bagi Asmara (Revalina S Temat) yang membuat Asmara pada akhirnnya memutuskan membatalkan rencana pernikahan mereka yang sudah tinggal menggu hitungan jam!  Dan akhirnya kesempatan itu datang ketika Asma ditugaskan kantornya untuk ditempatkan di Beijing. Di negeri yang baru itu, segala kesulitan cukup terbantu dengan keberadaan sahabatnya Sekar (Laudya Cynthia Bella) dan Ridwan (Deddy Mahendra Desta) suaminya yang sudah terlebih dahulu bermukim di Beijing.

Cerita pun mengalir dan cukup bisa ditebak. Asma secara tidak sengaja bertemu dengan pemuda yang bernama Zhong Wen (Morgan Oey). Pertemuan itu berlanjut karena Zong Wen ternyata adalah seorang pemandu wisata bagi Asma yang disewa kantornya. Pertemuan itu membekas pada keduanya, namun sayang ada perbedaan pada keduanya terutama soal keyakinan. Zhong Wen adalah seorang Atheis, walaupun percaya adanya Tuhan.

Dalam ilmu psikologi, Elisabeth Kubler-Ross (1969) membagi perilaku dan proses berpikir seseorang dalam menghadapi perpisahan menjadi 5 fase, yakni : Penolakan dan isolasi (denial and isolation) Kemarahan (anger) Tawar-menawar (bargaining) Depresi (depression) Penerimaan (acceptance). Dan fase-fase tersebut tidaklah mudah untuk dilalui. Maka diperlukan control diri dam pemahaman yang kuat mengenai hakikat perpisahan tersebut. Salah satu pegangan yang kuat bagi seseorang untuk menghadapi dan memahami perpisahan adalah melalui Aqidah dan Iman yang kuat. Agama. Islam.

Alur cerita boleh saja classic, mudah ditebak. Tapi toh kenyataannya saya menangis juga dari pertengahan film hingga akhir. Sesengukan lagi, hidung meler meler. Memalukan hahaha (emang kapan sih yg namanya Zenny ga nangis nonton film romance… tampilan boleh jutek, tapi hati mellow kitty bgt 😛

Setiap dialog yang yang dilafalkan pada pemeran mengandung arti yang mendalam.

1601576_1009043559110187_696231687652280106_n

1601578_1009043469110196_1584833736211793321_n

Saya memang penggemar karya mbak Asma sejak SD. Berawal dari serial Aisyah Putri yang saya temukan di lemari tante saya hehehe akhirnya keterusan mbaca dan jadi ngefans. Ketika kelas 3 SMP saya mulai jarang membaca dan mengikuti karya mbak Asma. Yaaa karna saya nyantri otomatis pemasok buku yaitu tante juga tidak ada lagi. Tapi saya masih ingat betul ciri khas dari gaya penulisan Asma. Lembut, ceria, santai, tapi juga penuh makna. Makanya saya antusias ketika tau bahwa salah satu novelnya : Assalamualaikum Beijing akan diangkat ke layar lebar. Yippiee wajib nonton nih!

Apalagi didukung oleh pemeran kawakan yang sudah diakui kredibilitasnnya di dunia seni peran. Saya sangat senang Revalina mendapat peran sebagai Asmara. Begitu juga Laudya yang cantik dan lucu sangat mumpuni untuk membawakan karakter Sekar. Kedua wanita cantik idola saya ini nampak anggun dengan kerudung. Subhanallah.. semoga istiqomah yaa mbak Reva & ka Audya berjilbab, tambah ngefans deh hohoho..

Saya juga sangat suka dengan gaya fashion di film ini. Two thums buat tim Wardropenya. Make up by Wardah plus Jilbab by Zoya, perbaduan yang lembut, dan casual. Kebetulan saya penyuka busana musim dingin. Dan di film ini pas sekali menampilkan view dan setting musim dingin. Ingin rasanya pergi ke Beijing !

Sekedar sharing, bukan mudah bagi saya untuk bisa nonton film AB ini. Ya, saya juga menerima beberapa cibiran dari kawan dan saudara. Karna dinilai cupu atau ngga bgt.

“Kenapa harus film indon sih ? ga ada yang lain apa ?”

“Aduh, bosen deh nonton film Indonesia, pasti gue ngantuk”

“Ooo pliss.. kalo film indon mah gausah jauh2 ke bioskop keless, ntar juga tayang di tipi”

Ouch shut up you guys. Terus saja dewakan itu film- film produksi Hollywood, maka impian kemajuan perfilman di Indonesia, di negri sendiri hanya akan jadi angan belaka. Karna tidak ada dukungan, tidak ada penghargaan. Penghargaan disini ialah penghargaan dari penonton lokal, bukan hanya ajang Award semata.

Hmm… Cuma bisa mengelus dada.

Mungkin agak terlambat bagi saya menulis review singkat dari film ini, karna kabarnya film sudah akan berganti tayang di bioskop mulai rabu atau kamis minggu ini. Waaaaah… saya harus beli kaset DVD nya supaya bisa sering nonton di rumah bersama keluarga 😀

Semoga film ini bisa jadi warisan tak memudar bagi anak cucu kita… Semangat mendukung gerak dakwah film dalam negri ! Hwaiting 😉

Asmara & Zhong Wen

Asmara & Zhong Wen

Mas Ridwan, Sekar, dan Asmara

Mas Ridwan, Sekar, dan Asmara

Zhēn piàoliang, Asmara

Zhēn piàoliang, Asmara

10885029_1009043272443549_881235068074060001_n About AB :

Jenis Film : Drama, Religi
Produser : Yoen K, Ody Mulya
Produksi : Maxima Pictures
Sutradara : Guntur Soeharjanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s