Kontrol Emosimu ketika si Bulan datang :)

Assalamualaikum akhwatiy rahimakumullah 🙂

Kembali lagi dengan gue yang ingin berbagi tips sederhana tapi insyAllah bermanfaat. Cekidot

Problemnya, ga bisa dipungkiri lagi bahwa kadang, dalam siklus menstruasinya/ haid/ datang bulan / kedatangan tamu bulanan, cewe2 mengalami periode mood amburadul. Emotional spin yang bisa bikin kalimat ‘senggol bacok’ bisa keluar dengan tandasnya.

Yang belum banyak diketahui adalah bahwa gangguan mood bisa terjadi pada siapa saja. Cowo pun bisa… tua, muda, bahkan anak2 pun bisa mengalami yang namanya ‘mood disorder’ ini. Namun, dari ilmu psikologi yang gue pelajari, prevalensi wanita duakali lipat lebih tinggi dibanding pria. Why ?

Mood sebenarnya adalah kondisi emosi tertentu. Sedangkan yang dimaksud dengan emosi dalam bahasa Indonesia ialah ‘perasaan’,
misalnya senang, sedih, takut, cemas, dan haru. Kondisi emosi (mood) ini dapat mengalami gangguan, namun hal tersebut tidak sama dengan yang dimaksud oleh bahasa umum ‘bad mood’. Ungkapan ‘bad mood’  biasanya kita gunakan untuk menggambarkan suasana perasaan yang sedang ‘tidak enak’ atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas. Sedangkan yang dimaksud dengan ‘gangguan mood’ adalah gangguan pada emosi, dimana emosi seseorang dapat berada dalam kondisi kesedihan yang sangat ekstrim atau disebut juga kondisi depresif atau bisa juga emosinya berada pada kondisi senang/bersemangat yang ekstrim dan mudah terstimulus yang disebut dengan kondisi mania. Gangguan Mood merupakan salah satu gangguan kesehatan mental.
Pria dan wanita, tua dan muda. Prevalensi (kecenderungan) wanita yang mengalami gangguan mood dua kali lebih besar dari pria. Hal ini dikarenakan hormon wanita yang sering mengalami ketidakstabilan saat menstruasi, hamil, dan melahirkan. Juga secara sosial, wanita menjalankan banyak peran dalam hidupnya, sebagai istri, ibu, anak, karyawan, dan lainnya. Tuntutan dari peran yang berbagai macam tersebut menambah jumlah stimulus stres pada wanita.

Wanita yang mengalami sakit hebat saat menstruasi itu melebihi gejala umum sangat mungkin terkena premenstrual dysphoric disorder (PMDD). Wanita yang menderita PMDD juga memiliki gejala-gejala sama layaknya PMS, seperti sakit kepala, nyeri sendi dan otot, tubuh dan payudara membengkak. Gejala-gejala yang secara umum terjadi, akan menghilang saat berlangsungnya menstruasi.

Apa yang dapat Ukhtiy lakukan?

Untuk mengurangi beberapa kondisi yang tidak nyaman menjelang PMS, coba lakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Buatlah semacam diary atau jurnal yang mencatat kapan gejala-gejala itu muncul. Dengan demikian, Ukhtiy mempunyai patokan waktu yang tepat untuk mengatasinya.
  2. Agar sehat, makanlah sedikit tetapi sering. Jika Ukhtiy menderita konstipasi, konsumsilah bahan makanan yang mengandung banyak serat.
  3. Saat sedang minum obat diuretik, biasanya Ukhtiy akan lebih sering buang air kecil yang memungkinkan mineral penting ikut terbuang. Karena itu, tambah makanan yang mengandung potassium (buah, makanan laut, kacang-kacangan), juga makanan, minuman ekstra atau suplemen yang mengandung vitamin B dan C. Minum jamu jamuan juga oke kok, selama aman, dan kamu ga ga masalah sama rasa/ baunya 🙂
  4. Untuk mengurangi terjadinya penumpukan cairan, sebisa mungkin kurangi garam dalam makanan Ukhtiy. Garam bisa menyerap air dan hal ini dapat meningkatkan pembengkakan.
  5. Perbanyak waktu istirahat untuk menghindari kelelahan. Selain itu cobalah menghindari situasi yang bisa membuat Ukhtiy stres.
  6. Coba bicarakan perasaan Ukhtiy kepada sahabat yang dapat dipercaya dan dapat mendengarkan keluhan Ukhtiy. Pastikan pula keluarga tahu mengenai kondisi Ukhtiy.
  7. Cobalah minum beberapa ramuan tumbuhan tertentu yang telah terbukti membantu meningkatkan kesehatan wanita, misalnya kunyit asam, dan lain-lain.
  8. Jangan malas berolahraga. Tetapkan konsisten bangun diwaktu subuh pada meski tidak ikut sholat berjama’ah. Buka jendela lebar – lebar… biarkan udara sehat nan segar memenuhi rongga paru – paru.
  9. Perbanyak dzikir dan sholawat
  10. Membaca buku dan mempelajari ilmu lebih dalam, manfaatkan waktumu yang sedikit lebih longgar ketika haid.

Alhamdulillah, mudah-mudahan setelah tahu seluk-beluknya kita bisa menyambut ‘tamu’ kita yang satu ini dengan penuh senyum dan kehangatan. Ditunggu ya kabar baiknya mulai bulan depan…

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh 🙂

Sumber bacaan :

http://www.psikologikita.com/?q=psikologi/gangguan-mood , http://majalahpercikaniman.blogspot.com/2012/03/tips-anisa.html , http://muslimah.or.id/kesehatan-muslimah/lebih-dekat-dengan-tamu-bulanan.html

 

Journey Ciduren

emAssalamualaikum wr wb..

hai haii

here we back! mau share ttg Diklan CC kemaren yaaa hmmm wait,

Apa itu Diklan ? CC ? Cuci Celana ?

Diklan itu singkatan dari Pendidikan Lanjutan, mbing -__-” dan CC itu singkatan dari divisi di UKM HIMAPALA TRIBHUWANA, Caving & Climbing.

Kalo di Bahasa Indonesia – kan jadinya “Pendidikan Lanjutan devisi Susur Goa dan Panjat Tebing alami”

PUASS LOO ? Udah paham sekarangg ??!

Okey…

pyuuh maap yaa jadi emosi onion-head02

bete nih blom keramas 098_

Okesip, jadinyaa gue dan partner in crime a.k.a Sunia pergi menyusul acara diklan. Mengapa menyusul, karna kami ada tugas lain yang maha penting yaitu assistant professor yang bahasa gaulnya ngasdos ! untuk mata kuliah Psikodiagnostik Observasi. Jadilah kami menyusul di siang hari bolong demi menyaksikan langsung proses pendidikan para Anggota Muda tersayang :*

Kami start dari kostan grewe yang terpaksa packing mendadak, asal masukin baju karna semalem ketiduran -_- sempet ga pingin pergi sih, dismenorrhea gue kumat. Pinggang pegel pegel. Tapi tak apalah, gue niatkan aja perjalanan kali ini untuk jalan jalan melepas penat… agar langkah lebih ringan dan santai.

Kami naik bus Cibinong-Senen dari depan Gudang Garam. Kemudian berhenti di pintu tol Citeureup, lanjut ngangkot 08 ke arah pasar. Di pasar samping Polres kami berhenti dan masuk gang untuk menuju Desa Tajur tempat pendidikan berlangsung. Namun parahnyaaa angkot ga bisa masuk sampe LeuwiKaret !!! ini yang diluar perhitungan. ckckck gara gara sruntulan datang nih, gabikin  ROP duluu.

Intinya gue jalan guys! Yup. Dari pertigaan Hambalang itu gue JALAN KAKI ! BAREFOOT sampe tebing Cidomba… Anjrit.

Gue sendiri ga percaya kaki gue mampu jalan sambil panasan gituuu.

Satu pertanyaan terlewatkan. Kenapa ga minta jemput ajaa ??

Disinilah salah satu kemalangan itu terjadi. Semua nomor yang kita hubungin kaga ada yang nyambung! FINE.

Gue jalan ajalah. Gue paling ga nahan nunggu… nunggu ituuu membosankan 🙂

eating_shish_kabobs

Begitu gue sampe tebing Cidombaa… Subhanallah, capeknya ilang!

Tebing Cidomba

Senang rasanya bisa menjumpai AM. Ada yang rapeling, ada yang climbing. Semua masih sehat dan baik baik saja. Dan gue hanya kebagian menyaksikan rapeling Alsa ( salah satu anggota muda ) yang cukup payah! ck. Gue harap sih dia bisa turun komando, sebagai hadiah gue bela belain nyusul…

So, tadinya kita mau nge-camp di deket tebing, ada semacam hutan mati yang ditanami pohon karet. Tapi sialnya, sumber air sekitar situ kering akibat kemarau melanda.

Karna tempat yang tidak memenuhi kriteria itu… terpaksa kami mengungsi ke tempat nge-camp biasaa : Rumah Pak Eman!!

DSC02263

DSC02270

RUMAH PAK EMAN.

Rumah yang sederhana. Rumah panggung yang nampak gagah dengan vandalisme sticker puluhan pegiat alam di pintu utamanya. Begitu tiba disana, kamu akan mencium aroma yang khas :

Pohon bambu, debu kering, dan kotoran kambing.

Rumah ini selalu penuh kenangan bagiku. Aku pernah merasakan kekesalan, amarah, juga diberkati di rumah ini. Jika malam tiba, maka akan terasa dingin… sekaligus menghangatkan. Karna kamu punya banyak saudara yang tak pernah mengantuk untuk diajak bercerita. Tentang apa saja!

Rumah panggung di sebuah desa. Mengagumkan! Rumah yang selalu dirindukan.

Aku ingin suatu saat punya rumah panggung nyaman, di sebuah desa. Ada perapian di dalamnya… Ada kandang dan kebun di bagian belakang… kemudian kami punya sumur dengan air dingin nan jernih untuk bisa menyiram bunga – bunga atau memberi minum hewan piaraan. Mungkin juga untuk sekedar menyirami lahan tandus jika kemarau tiba.

Aku selalu suka aroma tanah… tanah kering berdebu yang baru disiram air. 

Pak Eman juga punya sumur timba di bagian belakang rumahnya. Airnya selalu dingin dan menyegarkan. Kali ini, sedikit menyedihkan… airnya surut. Bahkan kamu harus menyulurkan seluruh tali timbanya agar ember bisa mencapai permukaan air.

DSC02313

Anggota Muda XXI yang rajin bangun pagi mbikin sarapan buat senior yang masih ngeboow…

Esok harinya… Minggu 12 Oktober 2014

Kami memulai hari dengan berolahraga bersama sekaligus pemanasan sebelum menuju Goa Ciduren untuk agenda diklan selanjutnya.

CAVING!

DSC02314

Dan inilah foto – foto perjalanan The RED Soldier ke lokasi bedah rumah, eh, lokasi diklan Goa  Ciduren.

Enjoy the picture ~~ Kece kece badaaiiii

DSC02318

DSC02327

Mentor Lalu, Reksi, Cicit, Ritno, Zenny

hmmm… Well

untuk foto foto lebih lanjut silahkan click this link : https://www.facebook.com/zenny.alhasby/media_set?set=a.946820388665838.1073741833.100000136575447&type=3

Inginnya sih post semua foto disini, tapi apa daya lemotnya ga ketulungan… ( sampe gue ketiduran dan bangun kemudian tidur lagi blom kelar ngupload -_- INTERNET MACAM APAAA INIII ?? )

onion-head34

Okeh, di Diklan kali ini, gue ga cuma belajar menambah ilmu tentang alam bebas… gue juga menjajal kemampuan fotografi hehhehe

Agak payah siih, tapi menurut gue lumayan as the first step !

Ini karya akuuu… Bagaimana pendapatmu ???

onion-head45

Judul Foto : "Cicit saudaraku & Goa Ciduren"  Taken by Me, camera SONY Cyber-Shoot 8.1 megapixel

Judul Foto : “Cicit saudaraku & Goa Ciduren”
Taken by Me, camera SONY Cyber-Shoot 8.1 megapixel

"Sepatuku Mr&Ms TheKill"

“Sepatuku Mr&Ms TheKill”